Saturday, May 11, 2013

5:21 PM

Jenis Wayang 

Ada berbagai Jenis Wayang yang ada di Indonesia. sebagai orang indonesia tentu kita semua harus tau kan... apa saja jenis Wayang yang ada di Indonesia.


Wayang kulit


Wayang kulit terbuat dari kulit lembu maupun sapi. menceritakan tentang kisah Mahabarata dan Ramayana. wayang ini pertama kali di buat oleh sunan Kalijaga untuk berdakwah menyebarkan Agama Islam di tanah jawa.



Wayang Orang

wayang orang di perankan langsung oleh manusia, yang berdandan dan meniru gerak - gerik wayang. wayang orang menceritakan tentang kisah wayang kulit.

Wayang Golek

Wayang golek terbuat dari kayu dan berbentuk seperti boneka. wayang ini biasanya terbuat dari kayu mahoni. ada beberapa versi dalam wayang golek ini. sebagai contoh wayang golek purwa yang menceritakan tentang epos Ramayana dan Mahabharata ,wayang golek lenong betawi yang menceritakan tentang betawi ,misalnya si manis jembatan ancol atau si jampang jago betawi .

Wayang Suluh

Jenis wayang suluh adalah wayang yang menceritkan tentang kehidupan yang ada di masyarakat. dan biasanya di ceritakan untuk menyindir para pejabat yang semakin lama kerjanya semakin gak karuan.

Wayang Wahyu

wayang wahyu menceritakan tentang alkitab atau bibel. ciptakan pertama kali oleh Pdt.Bruder Tometheos, wayang ini terbuat dari kulit lembu maupun sapi, namun berbeda dengan wayang kulit purwa buatan Sunan Kalijaga.

Wayang Beber

Lukisan/gambaran wayang yang di gambar dalam sebuah kali gulungan yang menceritakan berbagai kisah dalam satu gulungan. seiring berkembangnya jaman, wayang beber juga biasanya di buat sebagi komik yang memiliki nilai - nilai seni tinggi di setiap ceritanya.

Berikut tadi jenis - Jenis Wayang yang ada di indonesia, kita sebagai orang Indonesia jangan sampai melupakan kebudayaan kita yang semakin lama sudah mulai di hindari para remaja Indonesia karena pengaruh kebudayaan Luar. lestarikan budaya kita untuk generasi muda, dan anak cucu kita.

0 comments:

Post a Comment